RENCANA TINDAK LANJUT PERBAIKAN HASIL SURVEI KEPUASAN PASIEN 2024.
Hasil analisa tersebut dalam rangka untuk perbaikan kualitas pelayan publik maupun pengambilan kebijakan dalam rangka pelayanan publik. Oleh karena itu, hasil analisa ini dibuatkan dan direncanakan tindak lanjut perbaikan. Rencana tindak lanjut perbaikan dilakukan dengan prioritas dimulai dari unsur yang paling rendah hasilnya.
Pembahasan rencana tindak lanjut hasil SKM dilakukan melalui Rapat koordinasi manajemen dan unit pelayanan (notulen) . Penentuan perbaikan direncanakan tindak lanjut dengan prioritas perbaikan jangka pendek (kurang dari 12 bulan), jangka menengah (lebih dari 12 bulan, kurang dari 24 bulan), atau jangka panjang (lebih dari 24 bulan). Rencana tindak lanjut perbaikan hasil SKM dituangkan dalam tabel berikut:
No. |
Prioritas Unsur |
Program / Kegiatan |
Waktu |
Penanggung Jawab |
TW I |
TW II |
TW III |
TW IV |
1 |
Waktu Penyelesaian |
Peningkatan sosialisasi registrasi “online” |
√ |
√ |
√ |
|
Pemasaran dan Sistem Informasi |
|
|
Penambahan loket layanan |
|
|
|
√ |
… |
2 |
Prosedur Pelayanan |
Lakukan monitoring dan evaluasi terhadap prosedur pelayanan |
√ |
√ |
|
|
… |
|
|
Simplifikasi proses bisnis |
|
|
√ |
√ |
… |
3 |
Perilaku Petugas |
Memberikan pelatihan khusus terkait service excellent |
|
|
|
√ |
… |
RENCANA TINDAK LANJUT PERBAIKAN HASIL SURVEI KEPUASAN PASIEN 2023.
Berdasarkan hasil analisa yang telah dilakukan, maka perlu dibuatkan dan direncanakan tindak lanjut perbaikan. Rencana tindak lanjut perbaikan dilakukan dengan prioritas dimulai dari unsur yang paling buruk hasilnya. Penentuan perbaikan harus direncanakan tindak lanjut dengan prioritas perbaikan jangka pendek (kurang dari 12 bulan), jangka menengah (lebih dari 12 bulan, kurang dari 24 bulan), atau jangka panjang (lebih dari 24 bulan). Rencana tindak lanjut perbaikan hasil SKM dapat dituangkan dalam table berikut:
No |
Prioritas Unsur |
Program/Kegiatan |
Waktu |
Penanggung jawab |
I. |
Jangka Pendek (≤ 12 bulan)
|
a. |
Kemudahan prosedur pelayanan |
Memasang poster alur pelayanan di ruang pendaftaran rawat inap dan rawat jalan.
Membuat leflet prosedur dan alur pelayanan, untuk diberikan pada pasien |
3 bulan.
6 bulan
|
Kasie Pelayanan Medik, Sisfo
Kasie.Sisfo
|
b. |
kecepatan waktu |
Pengaktifan mesin antrian
Menambah tenaga, pada jam sibuk ataupun pada situasi tertentu |
1 bulan
1 bulan |
Kasie Sisfo
Kasie Rekam Medik |
c. |
kualitas sarana dan prasarana |
Perbaikan instalasi air
Evaluasi prosedur penggunaan air |
3 bulan
6 bulan |
Ka.IPSRS
Kabag. Umum |
d. |
Pelayanan Gizi |
Evaluasi dan perbaikan siklus menu
Evaluasi porsi makan yang dihabiskan oleh pasien
|
3 bulan
6 bulan |
Kepala Instalasi Gizi |
II. |
Jangka Menengah ( ≤ 24 bulan) |
a. |
kemudahan prosedur pelayanan |
SIMRS terintegrasi pendaftaran , rawat jalan, rawat inap, rekam medik dan penunjang
Penambahan media informasi
yang menarik
Pembuatan Papan Informasi non elektronik di area depan gedung rumah sakit |
24 bulan
12 bulan
12 bulan |
Kabid RM dan Sisfo
Kabag Umum |
b. |
kecepatan waktu |
Evaluasi prosedur
Tersedianya sarana informatif di ruang tunggu (TV, Koran/majalah/dispenser air)
Pelatihan bagi pegawai sesuai profesi dan tupoksi |
12 bulan
12 bulan
12 bulan |
Kabid. Pelayanan Medik
Kabag. SDM |
c. |
kualitas sarana dan prasarana |
Perbaikan instalasi air
Perbaikan sarana toilet |
12 bulan
12 bulan |
Kabag Umum |
III. |
Jangka Panjang ( ≥ 24 bulan)
|
a. |
kemudahan prosedur pelayanan
|
SIMRS terintegrasi semua unit pelayanan
|
24 bulan |
Wadir Perencanaan dan Diklat |
b. |
kualitas sarana dan prasarana |
Perbaikan instalasi air
|
24 bulan |
Wadir Umum |
c. |
Pelayanan gizi |
Penambahan sarana dan prasarana |
24 bulan |
Kepala Instalasi |